BNI dan ASDP Dukung Penuh UKW PWI Bengkulu

BENGKULU,TBMNEWS.COM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dukung penuh. Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat bersama Kementerian BUMN yang saat ini diselenggarakan di PWI Provinsi Bengkulu.

Dukungan kegiatan UKW tersebut, atas kerja sama Kementerian BUMN, Forum Humas BUMN dan PWI Pusat dalam hal ini lembaga uji UKW melalui ujian sertifikasi wartawan anggota PWI.

Kegiatan UKW di PWI Provinsi Bengkulu, berlangsung Hotel Mercure Bengkulu, Jl S Parman No 27  Bengkulu, selama dua hari, 25 – 26 Januari 2024.

Sebanyak 33 peserta, yang terdiri dari lima orang mengikuti kelas utama, 23 kelas muda dan satu kelas madya lima peserta.

Pengujinya adalah asesor yang telah lulus asesment oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan PWI atas persetujuan oleh Dewan Pers.

Saat pembukaan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Murlin Hanizar, SP., MSi  mengatakan UKW untuk membangun wartawan tersertifikasi dan profesional.

“Kami  mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PWI Bengkulu. Semoga ke depan UKW ini dapat terus dilakukan oleh PWI Provinsi Bengkulu, demi terciptanya wartawan yang profesional di provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Bangun Profesi Wartawan

Lanjutnya, UKW ini  untuk membangun wartawan profesional dan andal. Kedepan PWI Provinsi Bengkulu hendaknya tetap menjadi mitra pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan.

Khususnya bagi wartawan sehingga wartawan menyajikan berita yang akurat, berimbang dan membangun, serta berita yang bermanfaat untuk daerah dan untuk masyarakat Bengkulu, tambahnya.

Sementara itu perwakilan BNI yang diwakili Branch Bisnis Manager BNI Bengkulu, Mulyadi Majid, SE mengungkapkan UKW ini sangat bagus.

Sehingga wartawan itu bisa semakin profesional dan peningkatan akhlak sesuai dengan tema dari UKW ini.

“Sebab BUMN sekarang ini budaya kerjanya budaya akhlak, diharapkan nilai budaya itu di implementasikan kepada temen-temen wartawan lain. Sehingga wartawan bisa menghasilkan berita yang berimbang,” ujarnya.

Mulyadi Majid juga menyebutkan, di zaman era digital ini, keterbukaan informasi serta kompetensi wartawan dapat menghasilkan hal-hal yang positif, kami dalam hal ini BNI mendukung kegiatan UKW Kementerian BUMN.

“Wartawan yang mengikuti UKW ini, bukan hanya mendapatkan nilai baik, tapi yang utama yang harus dipikirkan kompeten dan tidak kompeten, saya harapkan dalam kegiatan ini semua wartawan yang mengikuti UKW ini bisa,” tambahnya.

Sementara itu dari PT ASDP diwakilkan Muhammad Riadh Kepala Staf Operasional Pelayaran mengapresiasi Pelaksanaan UKW yang diselenggarakan PWI di Bengkulu ini.

“Dengan UKW maka akan di dapat wartawan yang kompeten dibidangnya, sehingga selalu menyajikan berita yang berimbang sesuai dengan kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Sesuai Tema

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Marsal Abadi, mengungkapkan bagi para peserta wartawan Bengkulu dapat mengikuti UKW ini dengan baik, sehingga pelaksanaan UKW ini berjalan dengan baik dan seluruh peserta bisa dinyatakan kompeten.

Marsal juga menyebutkan, dibutuhkan wartawan itu kompetensi, sehingga dalam menjalankan kegiatan dilapangan sesuai dengan rambu-rambu yang ada atau kode etik jurnalistik.