Gerakan Tanam Cabai Serentak se Indonesia

oleh
oleh
Plh Sekda Sumsel Edward Chandra menyerahkan benih Cabai secara simbolis kepada pelajar
Plh Sekda Sumsel Edward Chandra menyerahkan benih Cabai secara simbolis kepada pelajar

PALEMBANG, TBMNEWS – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Selatan mendukung Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia.

Ibu Negara Republik Indonesia (RI) Iriana Joko Widodo mencanangkan program ini di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin (4/3/2024).

Gerakan Tanam Cabai di Sumsel berlangsung di SMK Negeri Sumsel oleh Plh Sekda Sumsel Edward Chandra bersama Wakil Ketua III TP PKK Sumsel Desy Kasnayati.

Dalam sambutannya, Edward menyebut kegiatan ini bertujuan guna mensosialisasikan langsung kepada masyarakat soalnya cabai menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi.

Tak hanya itu, permintaan kebutuhan pangan masyarakat meningkat menjelang hari besar keagamaan yang menyebabkan beberapa harga komoditas pangan juga meningkat.

“Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) pada minggu ketiga Februari 2024. Komoditas cabai merah, cabai rawit, beras, gula pasir, minyak goreng, daging ayam ras, dan telur ayam ras menjadi perhatian kita,” ucapnya.

Kemudian, gerakan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan di sekitar rumah.

Pekarangan sekolah, maupun perkantoran. Program Tanam Cabai juga selaras dengan gerakan menuju kemandirian pangan di Sumsel yaitu Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang launchingnya pada 2021.

“Hingga Desember 2023, tercatat data sebanyak 26.948 rumah tangga miskin yang telah mendapatkan bantuan GSMP. Baik dari dana CSR maupun swadaya. Tentunya ini berkat kerja sama dari semua OPD terkait, TP PKK, Bank BUMN.  Maupun Bank Daerah dan seluruh masyarakat Sumsel,” kata Edward.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *