Seluruh Pemkab Sekitar Dukung Percepatan Reaktivasi Bandara Way Kanan

oleh
oleh
Suasana audiensi antara Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan 6 bupati (Sumsel dan Lampung) dengan Menteri Perhubungan Budi K Sumadi, di Jakarta, Selasa (5/3/2024).
Suasana audiensi antara Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan 6 bupati (Sumsel dan Lampung) dengan Menteri Perhubungan Budi K Sumadi, di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

JAKARTA,TBMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengatakan seluruh Pemerintah Daerah sekitar siap mendukung percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

Mereka yang mendukung antara lain, Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat.

“Oleh karena itu, kita sampaikan semua, kita hadirkan seluruh Bupati yang ada di situ. Ada Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat serta Pemda siap mendukung ini,” ujar Fatoni saat audiensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pertemuan tersebut membahas reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI), Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Bahkan Pemda, dari sisi anggaran sudah siap mendukung. Jadi dari sisi anggaran sudah siap, hubungan perusahaan-perusahaan pendukung sudah siap. Bandara sudah siap hanya perlu pembenahan sebentar, sedikit lagi sudah lebih siap lagi,” sambungnya.

Penerima Manfaat

Hal ini bukan hanya satu daerah saja yang nantinya menerima manfaat, melainkan akan ada enam Kabupaten sekaligus. Salah satu faktornya adalah lokasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

“Yang menerima manfaat hadirnya bandara ini cukup banyak. Ada 6 Kabupaten dan kebetulan posisinya ini ada di perbatasan Sumsel dan Lampung. Yang terdekat justeru itu di Kabupaten OKU Timur ibu kotanya Martapura. Kemudian Way Kanan, Batu Raja, Muaradua serta Lampung Barat,” jelas Fatoni.

Fatoni berharap semua itu mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu dekat dan masyarakat Sumsel dan Lampung bisa menggunakannya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengaku Pemerintah Kabupaten Way Kanan sudah menyiapkan anggaran khusus. Anggaran percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

“Terima kasih Pak Menteri, jadi kami sudah banyak membangun kantor yang baru untuk keberangkatan dan kedatangan. Kami sudah anggarkan, kami ready anggarannya. Kami prinsipnya siap,” kata Adipati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *