Hari Bakti Rimbawan, 400 Bibit Pohon di Punti Kayu

oleh
oleh
Plh Sekda Sumsel Edward Chandra mewakili gubernur mendampingi Irjen KLHK menanam pohon di Punti Kayu Palembang, Kamis (7/3/2024)
Plh Sekda Sumsel Edward Chandra mewakili gubernur mendampingi Irjen KLHK menanam pohon di Punti Kayu Palembang, Kamis (7/3/2024)

PALEMBANG,TBMNEWS – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menanam 400 bibit pohon di Hutan Wisata Punti Kayu Palembang, Kamis (7/3/2024).

Inspektur Jenderal KLHK, Laksmi Wijayanti bersama Plh Sekretaris Daerah Sumatera Selatan (Sumsel), Edward Candra, hadir langsung pada acara tersebut.

Ada juga Ketua DPRD Provinsi Sumsel RA Anita Noeringhati dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-41.

Terdapat berbagai jenis pohon antara lain, Pulai, Bayur, Ketapang, Kencana, serta pohon Buah Alpukat dan Duku.

Dalam sambutannya, Edward mengatakan Provinsi Sumsel memiliki hutan yang sangat luas.

Makanya, perlu penjagaan bersama-sama. Kemudian, butuh mitigasi perubahan iklim sebagai langkah pemulihan lingkungan hidup. Termasuk juga bagian dari rehabilitasi hutan.

“Hari ini para rimbawan berulang tahun, sekali lagi kita ucapkan selamat dan sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan. Bagaimana pengabdian terhadap lingkungan, pengabdian terhadap keberadaan atau eksistensi hutan, untuk kepentingan makhluk hidup dan untuk kepentingan kita bersama,” katanya.

Gas Rumah Kaca

Penanaman pohon juga merupakan upaya penanganan dini berupa aksi mitigasi perubahan iklim. Fungsinya sebagai pelindung dan peneduh.

Kemudian, sebagai upaya upaya mengurangi peningkatan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK). Sekaligus mencegah terjadinya banjir dan menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang nyaman dan segar bagi masyarakat.