Musim Duren Caleg

Para pembeli lagi memilih Buah Duren kesukaannya
Para pembeli lagi memilih Buah Duren kesukaannya

SATU bulan kedepan buah Duren (Durian) masih akan membanjiri Kota Baturaja.

Atau paling tidak hingga akhir Januari 2024, Jalan simpang empat Kantor Kejaksaan Negeri Baturaja bakal tetap ramai oleh pemburu buah musiman ini.

Begitu juga di Pasar Baru , Pasar Atas Baturaja dan di tepi-tepi jalan lintas, ada saja pedagang Buah Duren.

Harganya beragam, mulai dari Rp 10 ribuan sampai Rp 25 ribuan per buah. Tergantung besar kecil ukuran buah dan jenisnya.

Duren jenis tembaga yang dagingnya tebal berwarna kuning cukup tinggi harganya, Rp 25 ribu yang ukuran sedang. Kalau yang besar Rp 35 ribuan.

“Ayo buk boleh pilih. Duren manis. Tidak manis boleh tukar. Atau mentah atau busuk boleh tukar. Kita belah di sini.

Pria ini memang pekerjaannya jualan buah musiman. Kadang Duren, kadang buah Duku. Tergantung dengan musim buahnya.

“Tergantung musimnya buah apa Pak. Sekarang lagi musim Duren, saya jual Duren. Bukan di Baturaja saja, kalau ada pesanan dari Belitang, saya langsung antar ke Belitang. Kalau musim Duku saya jualan Duku atau kalau musim Jeruk, ya jualan Jeruk,” ujar pria dengan mobil Carry Pickup.

Sekarang kata pemilik mobil Pickup putih ini, buah Duren yang lagi musim berasal dari Muara Sae Kecamatan Muara Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Sebentar lagi (Februari 2024) Duren dari Kecamatan Ulu Ogan.

“Ini memang Duren asli runtuh dari batangnya Pak, bukan peraman. Kalau daerah lain orang sering memanjat pohon Duren, semuanya dipetik dan kemudian diperam alias masak karbitan. Kalau punya kita ini asli masak runtuh dari batangnya,” katanya lagi.

Si penjual Duren ini ternyata tidak punya kebun. Buah Duren yang ia jual hasil dari nyambut (beli) di kebun petani.

“Ini kami nyambut (beli) juga pak. Kalau kebun kita tidak punya Pak,” tambahnya.

Selama ini, kawasan kantor Kejaksaan dan sekitarnya memang tempat orang mangkal jualan Buah Duren. Malah, ada pedagang yang mendirikan semacam kios dadakan di pinggir jalan lengkap dengan spanduk, nama kiosnya Istana Buah.

Di persimpangan Jl Samsat menuju lintas ini ramai orang berkunjung. Khusus bagi pecinta dan penghobi Duren. Ya, dagangannya memang khusus Duren. Jarang ada buah lainnya.

Tanaman Tropis

Durian alias Duren dengan spesies nama latin Durio Zibethinus Murr, Fimili: Malvaceae merupakan tanaman tropis yang banyak di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Batangnya tinggi dan besar-besar.