Tanjung Baru Juara 3 Desa Ramah Lingkungan Versi LP3L

oleh
oleh
Sekdes Tanjung Baru, Asmara Dewi mewakili Kades Subri Bustan ST ketika mengambil plakat penghargaan, Sabtu, 6 April 2024.
Sekdes Tanjung Baru, Asmara Dewi mewakili Kades Subri Bustan ST ketika mengambil plakat penghargaan, Sabtu, 6 April 2024.

BATURAJA,TBMNEWS – Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel, meraih juara 3 kategori desa ramah lingkungan versi LP3L.

Penyerahan plakat penghargaan berlangsung Sabtu (6/4/2024) di Aula Universitas Baturaja. Kegiatan tersebut bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-20 Lembaga Penelitian Pengembangan Pembangunan dan Dampak Lingkungan (LP3L).

Untuk juara 1 Kelurahan Kemelak Bindung Langit dan juara 2 adalah Kelurahan Sepancar. Ramah lingkungan adalah sesuatu yang berkelanjutan dan tidak membahayakan lingkungan.

Ketua LP3L Kabupaten OKU, Yunizir Djakfar SSos MIP,  mengatakan pemberian penghargaan lingkungan desa/kelurahan se Kecamatan Baturaja Timur ini penilaiannya secara diam-diam.

“Kita menurunkan tim penilai secara diam-diam. Ada beberapa aspek penilaian yang menjadi perhatian kita. Dan penghargaan seperti ini bukan kali ini saja. Sebelumnya juga sudah pernah kita laksanakan,” ujar Yunizir Djakfar dalam sambutannya.

Dalam hal penghijauan khususnya mengenai penanaman bibit pohon kata Yunizir, LP3L sudah banyak sekali. Mencapai ratusan pohon yang tersebar di Kabupaten OKU dengan menggandeng pihak ketiga seperti PT Semen Baturaja.

“Tidak terhitung lagi jumlah pohon yang kita tanam dari sejak Tahun 2009. Melalui kerjasama dengan PT Semen sudah banyak kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan dan lingkugan,” kata Yunizir sembari menjelaskan LP3L berdiri pada 2004.

Kepala Desa Tanjung Baru, Subri Bustan ST melalui sekdes Asmara Dewi menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan lingkungan ini.

“Kita bangga karena Desa Tanjung Baru mendapatkan penghargaan lingkungan dari LP3L. Kita meraih juara 3 kategori desa ramah lingkungan,” ujar Asmara Dewi usai menerima plakat penghargaan.

Dengan penghargaan tersebut, kata Asmara Dewi, semoga menjadi penyemangat serta motivasi warga Desa Tanjung Baru untuk menjaga kelestarian lingkungan.

 

Dukung Kegiatan LP3L