Pj Bupati OKU Setujui Tuntutan Massa, Segera Buat Edaran Netralitas ASN

oleh
oleh

Massa yang jumlahnya ratusan orang dan menamakan dirinya Barisan Pemantau Pemilu Sumatera Selatan (BP2SS) sejak pukul 10.00 WIB, Senin (19/8/2024) mendatangi rumah dinas Bupati OKU.

Mereka menggelar spanduk bertuliskan “Perlawanan Rakyat”. Mereka berorasi cukup lama di pintu gerbang rumah dìnas dìbawah pengawalan pihak keamanan. Baik pihak kepolisian berpakaian dinas dan pakaian bebas, maupun Pol PP.

Koordinator Lapangan Aksi, Hipzin menyampaikan orasinya terkait indikasi adanya oknum ASN yang berlaku tidak netral.

“Sudah ada contohnya. Yakni di Sukaraya. Hanya karena tidak mengundang kandidat calon, ada yang intervensi warganya,” kata Hipzin.

Kemudian, ada juga oknum pejabat (ASN) yang menggunakan kendaraan dinas plat merah atau plat merah yang dìhitamkan (ganti plat) untuk kepentingan salah satu calon.

“Ini sudah menyalahi peraturan perundang-undangan. Dan kalau ini terjadi lagi kita tangkap saja kawan-kawan,” teriak Hipzin.

Massa terus berorasi dì depan rumah dinas. Mereka meminta Pj Bupati OKU, Muhammad Iqbal Alisyahbana keluar menemui mereka. Massa minta Pj Bupati menandatangani tuntutannya.

Ada enam poin tuntutan massa yang aksi. Yakni pertama, mendesak Pj Bupati OKU dan seluruh ASN di OKU untuk netral dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Kedua, tidak memberikan dukungan ataupun fasilitas kepada Bakal Calon Kepala Daerah, sebelum, saat, sesudah kampanye.

Ketiga, tidak akan menanggapi, mengikuti, membagikan, dan menyebarkan kegiatan bakal calon kepala daerah dan pasangan calon pada media apapun dalam bentuk kampanye.

Keempat, mendesak Pj Bupati OKU untuk deklarasi netralitas ASN. Kelima, mendesak Pj Bupati OKU segera membuat surat edaran metralitas ASN.

Dan keenam, memberikan saksi kepada ASN yang melanggar netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

Setelah cukup lama menggelar orasi, akhirnya Pj Bupati OKU M Iqbal keluar menemui massa. Dan Iqbal menyanggupi tuntutan massa dengan menandatangani surat tuntutan aksi.

Sebelumnya sudah ada di lapangan, Asisten 1 Setda OKU, Indra Susanto SSos MAP. Tampak juga di lokasi Kepala BKD dan SDM OKU, Mirdaili SSTP MSi dan Kasat Pol PP, Firmansyah ST MSi. (and)

No More Posts Available.

No more pages to load.