Buruan, Gratis 1000 Sertifikat Halal untuk UMKM Sumsel

oleh
oleh
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni membuka Syariah Festival 2024 di Palembang Indah Mall, Kamis, 28 Maret 2024.
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni membuka Syariah Festival 2024 di Palembang Indah Mall, Kamis, 28 Maret 2024.

PALEMBANG,TBMNEWS – Ini kabar baik bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemprov Sumatera Selatan menyiapkan kuota sebanyak 1000 sertifikat halal secara gratis.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyampaikan hal ini usai menghadiri Syariah Festival Sriwijaya 2024 di Palembang Indah Mall, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (28/3/2024).

“Kami mengimbau pelaku UMKM untuk tidak melewatkan kesempatan ini. Segera lengkapi persyaratan pendaftaran sertifikasi halal secara gratis melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel. Pemberian sertifikat halal pada produk makanan dan minuman sangat penting. Agar konsumen muslim terlindungi terhadap produk yang tidak halal,” kata Fatoni.

Fatoni menyebut Sertifikat Halal saat ini sudah menjadi kebutuhan para pelaku usaha dalam memproduksi makanan dan minuman.

Terlebih, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak kedua di dunia dengan 86,7% populasi beragama muslim.

Sementara itu, di Provinsi Sumsel sendiri berdasarkan data pada tahun 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 94,24% dari total penduduk merupakan muslim.

Menurut Fatoni, dengan banyaknya populasi umat muslim di Sumsel sudah sewajarnya daerah ini mendukung pengembangan ekonomi syariah.

Yakni yang mencakup sektor keuangan, fashion, kuliner, pariwisata dan lainnya. Dalam upaya pengembangan ekonomi syariah.

Para pelaku UMKM dan pondok pesantren dapat menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan berbasis syariah guna mendukung terwujudnya ekosistem halal value chain berdaya saing tinggi.