Mental Kuat Sedikit Nekat

Prof Dr Ir H Gribaldi MSi (kiri)
Prof Dr Ir H Gribaldi MSi (kiri)

JIKA IPK mu (Indeks Prestasi Komulatif) rendah, jika kau tidak punya bakat. Maka kau harus punya mental kuat dan sedikit nekat. Sebab, dalam dunia kerja Sarjana hanyalah gelar.

Tapi, memiliki mental kuat dan sedikit nekat, kau akan kalah juga bila tidak punya orang dalam. Inilah penggalan teks sambutan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja, Prof Dr Ir H Gribaldi MSi.

Penggalan kata sambutan ini merupakan pesan sekaligus motivasi bagi alumni baru (Sarjana Pertanian) ketika mengikuti Yudisum ke XXXI Fakultas Pertanian Universitas Baturaja, 8 Januari 2024.

Dari sini paling tidak ada tiga pesan moril bagi kita semua dalam dunia kerja atau dunia kehidupan. Yakni mental yang kuat, sedikit nekat dan punya koneksi atau istilah Prof Gribaldi (punya orang dalam).

Mental merupakan modal utama yang harus dimiliki seseorang dalam menghadapi sesuatu apa pun. Jika diilustrasikan dengan pertandingan catur, orang yang bermental kuat, maka siapa pun lawan mainnya akan ia hadapi.

Dengan mental yang kuat orang itu sudah punya modal 30 persen untuk menang bermain catur. Dengan mental yang kuat ia tidak demam panggung atau merasa kalah sebelum bertanding.

Sementara kata nekat merupakan suatu perbuatan seseorang yang tanpa memperhitungkan untung ruginya. Berani memutuskan terhadap suatu hal dan bertanggung jawab apa pun hasilnya.